PENJELASAN MENGENAI MICROSOFT WORD
FOR WINDOWS
Sebelumnya saya memperkenalkan tentang apa itu Ms.
Office, dan sekarang saya akan bahas tentang Microsoft word di dalam Microsoft
Ofice, maksudnya adalah, di dalam Microsoft Office itu terdapat beberapa
Microsoft cth. Ms. Word. Acces, Outlok, Excel, Power Poin. Dan lainya, yang ada
di Miscrosoft Office.
Microsoft Word (MS Word) adalah suatu program
yang fungsinya untuk mengolah kata atau data. Program ini yang umumya digunakan
untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya. MS
Word banyak dipakai saat ini dibandingkan dengan program pengolah kata
lainnya, seperti WordStar, AmiPro, Word-Perfect dan lain-lain. Hal ini
dikarenakan fasilitas yang disediakan, kemudahan dalam menggunakan, hasil yang
diperoleh, tampilan yang menarik dan lain sebagainya.
Ada
versi terbaru MS Word setelah MS Word 2003 bertahan sebagai
software pengolah kata favorit yaitu MS Word 2007.
Sampai Ms. Office 2010 yang terbaru, tapi bagi saya sih sama Cuma fitur –
fiturnya ajah yang ada di tambahin.
Berikut adalah hal-hal
terbaru yang ditawarkan MS Word 2007 :
A. Interface
Pada
interface atau wajah MS Word terjadi perubahan yang signifikan menggantikan
tampilan menu, toolbar dan sebagian besar task panes yang ada di versi-versi sebelumnya
dengan tampilan lebih sederhana dan efisien.
Secara
default tampilan area kerja program MS Word 2007 terdiri atas Title Bar, Office
Button, Quick Access Toolbar, Menu Bar,
Ribbon, Ruler, Status Bar, dan View Toolbar. Tampilan area
kerja dapat dilihat pada Gambar 1.
Dari gambar yang ada diatas dapat
diuraikan sebagai berikut.
· Title
atau judul pada Barberisi
nama file yang sedang dikerjakan, serta tombol menampilkan, atau menyembunyikan
jendela program, dan menutup program, yaitu tombol Minimize, Maximize/Restore, dan Close.
Setiap tombol memiliki masing masing fungsi, cth Minimize itu berfungsi sebagai meminimalis maksudnya program tidak
keluar tapi tetap stanby di dalam proses computer. Maximize/Restore adalah untuk memperbesar tampilan layar pada Ms.
Word, nah kalau Close berfungsi untuk mengeluarkan atau out dari Ms.
Word.
· Setiap Office Buttonberisi perintah-perintah yang
berkaitan dengan dokumen seperti membuat dokumen baru (New), membuka dokumen (Open),
menyimpan dokumen (Save), mencetak
dokumen (Print), dan sebagainya.
· Quick Access adalah Toolbar yang berisi tombol-tombol yang
berfungsi sebagai alternative penggunaan perintah yang sering digunakan.
· Menu Bar berisi serangkaian perintah yang
didalamnya terdapat sub-sub perintah sesuai kategorinya. Sebagai contoh, pada
menu Home terdapat submenu Clipboard,
Font, Paragraph, Styles, dan Editing
yang didalamnya berisiperintah-perintah sesuai kategorinya.
· Ribbonberisi perintah-perintah khusus
yang merupakan submenu dari Menu Bar.
· Rulermerupakan kotak pengukuran yang
diletakkan secara horizontal, yaitu diatas dokumen, dan secara vertikal, yaitu
di sebelah kiri dokumen.
· Status Baradalah baris horizontal yang
menampilkan informasi jendela dokumenyang sedang ditampilkan.
· View Toolbarberisi pengaturan jenis tampilan
dokumen, antara lain:
ü Print Layout: memberikan tampilan sesuai hasil
yang akan diterima pada saat dicetak (default).
ü Full Screen Reading: memberikan tampilan halaman
penuh.
ü Web Layout: memberikan tampilan sesuai hasil
yang ditampilkan di dalam jendela browser.
ü Outline: memberikan tampilan sesuai
heading di dalam dokumen dan tingkatan di dalam struktur dokumen.
ü Draft: memberikan tampilan yang
berkelanjutan (menggabungkan seluruh halaman seperti dalam satu gulungan).
1.
Format
Dokumen Profesional
Adanya penambahan fasilitas atau
fitur-fitur dan beberapa otomasi yangmenjadikan software ini jauh lebih mudah
dipelajari, lebih cepat dalammenangani pekerjaan dan kualitas hasilnya jauh
lebih baik dibandingkan versi-versisebelumnya.
Format-format dokumen professional
seperti:
· Style, yang berkaitan dengan sisi
kosmetis pengetikan.
· Table, tersedianya berbagai bentuk
tampilan tabel yang memungkinkantanpa harus mendesain tabel dari awal.
· List Format dan Efek Grafis
tersedia dengan berbagai variaasi yang akanmempercepat pembuatan dokumen dan memperindah
dokumen.
2. Keamanan dalam Sharing Dokumen
Fasilitas terbaru yang dimiliki
Word 2007 dalam hal keamanan sharing dokumen antara lain:
· Memiliki kemampuan yang cepat
dalam membandingkan dua versi dokumen.
· Tersedianya proteksi dokumen
menggunakan tanda tangan digital.
· Kemampuan mendeteksi dokumen yang
berisi makro.
· Konversi dokumen ke format PDF
atau XPS.
3. Format File
Fasilitas format file yang terbaru
yaitu berbasis XML, keuntungannya ukuran file lebih kecil, tersusun atas
modul-modul tertentu yang dibuat sedemikian rupa sehingga apabila ada bagian
file yang rusak, tidak akan merusak bagian lainnya dari file tersebut secara
langsung.
Tabel 1.1 Fasilitas Format File
Extensi File
|
Keterangan
|
.DOCX
|
Dokumen normal
|
.DOCM
|
Dokumen mengandung makro
|
.DOTX
|
Template
|
.DOTM
|
Template mengandung makro
|
BAB II
CARA MEMBUAT LEMBAR KERJA PADA MS. WORD
Setelah membahas tentang fungsi menu dan toolbar
yang ada di Ms. Word, untuk pembahasan selanjutnya adalah bagaimana membuat
lembar kerja di Ms. Word, agar bisa diketik atau diisi dengan data yang mau
anda masukan.
Yang pertama kita yang harus lakukan adalah
membuka dulu Ms. Word, yaitu dengan cara sebagai berikut :
Klik Start -> All Program -> Microsoft Office ->
MS. Word
kurang lebih tampilannya kaya gini :
gambar lembar kerja ms. word
kalau ingin membuat lembar kerja baru tinggal
Klik File yang ada di kanan pojok atas -> pilih New Ok.
untuk Ms. Word 2007
Klik File -> Pilih New -> Pilih Blank Document-> Creat
gimana cara men Save filenya gampang heheheh ..
CARA SAVE FILE DI MS. WORD
1. Pilih File - pilih Save As
2. tuliskan Nama untuk Filenya kalau sudah tinggal pilih Save
ok itu saja dulu cape juga ya nulis artikel ini tapi gak papa yang penting Artikel ini penuh manfaat buat Anda sekalian, Jangan lupa tinggalkan pesan dan gabung ya ?
Belum ada tanggapan untuk "PENJELASAN TENTANG MICROSOFT WORD FOR WINDOWS"
Post a Comment